Senin, 18 November 2013

Pegunungan Himalaya dan Gunung Everest

Pegunungan Himalaya, banyak yang bertanya dimana letak Gunung Himalaya dan Gunung Everest? Sebenarnya pertanyaan ini sedikit keliru. Himalaya bukanlah sebutan untuk sebuah gunung, melainkan Himalaya merupakan sebuah barisan pegunungan , kumpulan atau barisan dari beberapa gunung yang saling menyambung di benua Asia yang memisahkan anak benua India dari dartaran Tibet. Sementara Everest baru bisa disebut gunung.
Dimana lokasi pegunungan Himalaya dan gunung Everest berada? Pegunungan Himalaya terbentang di benua Asia. Pegunungan ini berbaris memanjang melewati lima Negara, yaitu Pakistan, India, China, Bhutan dan Nepal.

Pegunungan Himalaya sangat istimewa. Karena pada pegunungan inilah bertenggernya puncak-puncak gunung tertinggi di dunia, termasuk Gunung Everest dan Gunung Kanchenjunga. Pegunungan Himalaya juga dikenal sebagai sumber mata air dari dua sungai besar yang menjadi pusat peradaban dunia, yaitu Sungai Indus dan Sungai Ganga-Brahmaputra. Hingga hari ini, tidak kurang dari 750 juta nyawa hidup dan tinggal disekitar daerah sungai sepanjang Pegunungan Himalaya ini.

Selanjutnya tentang Gunung Everest dan dimana lokasinya? Gunung Everest disebut-sebut sebagai gunung tertinggi di dunia. Dengan ketinggian gunung mencapai lebih kurang 8.850 m. Gunung Everest terletak di barisan Pegunungan Himalaya. Tepatnya diperbatasan Nepal dan Tibet. Sementara puncaknya terletak di Tibet.

Jika anda tertarik ikut merasakan sensasi pendakian gunung tertinggi di dunia ini ada baiknya mengenal rute-rute pendakian termudah terlebih dahulu. Menurut informasi dari Wikipedia rute pendakian termudah adalah dari South Col (Nepal) Pegunungan Himalaya.


1 komentar: